• Miftahunnajah IBS
  • 0274-5013916
  • miftah.annajah@yahoo.co.id

BERITA

  • Pembelajaran Kontekstual Matematika di MTs Miftahunnajah

    Pembelajaran Kontekstual Matematika di MTs Miftahunnajah

    [Sleman] MTs Miftahunnajah senantiasa berusaha mengembangkan proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan. Khususnya pembelajaran mata pelajaran Matematika yang dianggap momok oleh siswa secara umum. Seolah-olah matematika adalah moster yang sangat menakutkan. Padahal sebenarnya Matematika bisa dikemas sedemikian rupa sehinga asyik dan menyenangkan.

    Pada kegiatan pembelajaran Matematika kali ini, siswa diberi pengalaman belajar berupa cara mengukur tinggi benda misalnya tiang bendera, gedung, pohon dan sejenisnya menggunakan konsep perbandingan atau kesebangunan. Para siswa diminta mengamati obyek yang akan diukur, misalnya tiang bendera. Mereka diberi rangsangan pertanyaan terbuka yang harus dipikirkan. Bagaimana cara mengukur tiang bendera itu? Jawaban muncul bervariasi, "naik ke atas sampai ujung, dirobohkan, pake bayangan, pake sudut pandang mata, pake perbandingan, dikira-kira". Kemudian guru mengarahkan jawaban tersebut pada tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, yaitu menerapkan konsep perbandingan. Saatnya para siswa melaksanakan tugas kelompok. Setelah selesai, para siswa diminta mempresentasikan hasil perhitungan mereka.

    "Saya sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran matematika kali ini, padahal biasanya kalau pelajaran matematika di kelas pasti ngantuk dan tidak fokus", kata Tajudin, salah satu siswa kelas 7 MTs Miftahunnajah. M. Mujari, guru Matematika MTs Miftahunnajah mengatakan, "Dengan pembelajaran kontekstual semacam ini diharapkan siswa lebih senang, fokus dan dapat mengaplikasikan matematika dalam kehidupan nyata."

    </red>

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks